Saturday, September 12, 2009

REPAIR STEERING AULDEY GEN 3




Saat mobil remote kontrolku tidak bisa dibelokkan, duh… aku pikir sudah tidak bisa dipakai lagi.. apalagi rangkaiannya sudah menggunakan komponen yang kecil-kecil (kata temen-temenku sudah pake komponen mikro). (Sebagian lagi Auldey Racetin Gen3 masih menggunakan komponen bukan mikro)

Lama aku termenung… (weheheheheh)
Akhirnya aku berpikir daripada tidak bisa dipakai lagi, mending dijadikan bahan otak-atik… andai bisa ya syukur, andai tidak bisa…. GuBRAK…!!!

Mulai bergerilya,
Aku obrak-abrik tempat rongsokanku, aku cari rangkaian receiver punya mobil remote yang masih pakai komponen yang normal(?)… ternyata dapat Auldey rangkaian receiver Auldey generasi pertama,

Aku banding-bandingkan dua rangkaian receiver, aku bolak balik….
Nah ketemu apa yang aku cari!!!
Ternyata, antara rangkaian kontrol kemudi antara generasi 1, 2, dan 3 hampir sama, dan hampir sama juga untuk rangkaian kontrol maju mundurnya (jadinya lebih mudah untuk memulai otak-atiknya), cuman untuk Auldey generasi ketiga lebih disederhanakan lagi.

(skip aja ini… aku gak tau cara menerangkan, karena aku gak paham elektronik)
Yang biasanya setelah output dari IC kaki 6 dan 7 ada transistor C945 atau kalo yang digunakan untuk QD remote kontrol adalah transistor C1815 yang berfungsi sebagai pengatur pembolak balik arus, sementara di Auldey generasi ketiga gak ada, lho koq bisa…? Aku juga gak tau.

Setelah keluar dari Tr C945 ada transistor Tr S8050 (-) dan Tr S8550 (+) yang berfungsi untuk bolak baliknya keluaran arus positif dan negative dari batre ke motor,

Selain itu ada dua penahan arus yaitu resistor R 220ohm tempatnya antara IC receiver dan Tr C945 dan R 100ohm tempatnya antara Tr C945 dan Tr S8050.

Pada akhirnya, aku rangkai semua komponen kemudian aku sambung pakai kabel dari arus positif dan negative, 2 dari kaki IC kontrol , dan dua lagi ke motor,
Hasilnya…. sungguh mengecewakan, Tr S8850 dan S8050 panas berlebihan,

Lanjutkan baca kesini)
Mulai berpikir lagi….
Gak disangka-sangka, pas aku lihat rangkaian receiver punya Auldey Powergear… Tr S8550 dan Tr S8050 gak ada, dan sebagai gantinya yang ada adalah Tr A1300(+) dan Tr C3279(-).

Singkatnya aku ganti kedua Tr yang di atas dan… Alhamdulillah BERHASIL!!!
Ini berlaku juga apabila maju atau mundur receiver gak ada respon.
(Mungkin ada yang bisa menjelaskan kenapa saat aku ganti seperti komponen aslinya (baca: Tr S8550 dan Tr S8050) malah panas berlebihan, dan bila aku ganti dengan Tr A1300 dan Tr C3279 jadi normal?).

Tx 2 : 
Deny & Wiwid [ Gemello Speed Racing ] @ Malang Olympic Garden,
Mamat [ Plaosan Valley Racing Team ] @ Blimbing, Malang,
Adien
_______________________________________________________
Komponen kontrol kemudi pada rangkaian receiver yang menggunakan komponen mikro tidak bisa saya gunakan lagi maka satu blok rangkaian untuk kontrol kemudi, saya lepas semua.

Keterangan gambar)

Photobucket
Awali pada kaki 6 dan 7 IC Rx (kaki ke satu ditandai titik kecil) adalah perintah untuk belok ke kanan dan ke kiri masing-masing dihambat dengan R 220ohm menuju ke Tr C945,

Photobucket

Dari Tr C945 didistribusikan ke Tr C3279 dan Tr A1300,
khusus yang menuju Tr A1300 dihambat dengan R 100ohm.

Tr A1300 mendapat arus dari positif bateray, adalah untuk menyuplai tegangan positif ke motor,
Tr C3279 mendapat arus dari negative bateray, adalah menyuplai tegangan negatif ke motor.

Jalur rangkaian ada 2 pasang, satu rangkaian untuk perintah belok kiri dan satu lagi untuk perintah belok kanan, seperti stereo pada audio.





COMMENTS :

Don't Spam Here

11 Komentar to “REPAIR STEERING AULDEY GEN 3”

Waa.. sudah lama sy ngak baca2 lagi soal Integrated Circuit ini.. dulu suka praktek pake ProtoBoard.. :-D.. Nice info sob ;-)

andi wong said...
on 

keduaaaaxxxx, heheheee

rumah blogger said...
on 

wah ampun deh, nyerah pokoknya kalo urusan komponen, sukses mas ya

sabirinnet said...
on 

@Andi wong : Lebih Mantab
@Rumah Blogger : Iya
@Sabirinnet : Sama-sama, Anda juga ya

kelirirenk said...
on 

waduhhh........kreatif juga yyy....

Anonymous said...
on 

Gan... Punten mo nanya nih... Toko yg jual realey 3vol bual auldey racetin 2batre di mana ya..? Aku pake realay di toko mal danmogol larinya lumayan kenceng

Awangunawan said...
on 

@ Awangunawan
coba cari di glodok bro, relay 3V kecil warna item, biasa di pake di VCD, klo gk dapet, bli ajah yg 12v trus di bongkar, gw pake yg 12 volt trus gw bongkar sendiri, kawat spull nya yg 0.03, gw bongkar trus di gulung sendiri pake kawat 0,1,ataw 0,2, gulungnya gk usah banyak2, pokoke tempat spullnya penuh atas bawah di gulung 2 kali ajah, trus gaetin lagi ke terminalnya trus di solder, tar relaynya di test pake batere 1,5v satu biji ajah, klo switchnya activ berarti ente sukses, karena cara kerja relay itu menggunakan elektromagnet, jadi utak-atik kumparannya ajah bro...

whyu said...
on 

(Mungkin ada yang bisa menjelaskan kenapa saat aku ganti seperti komponen aslinya (baca: Tr S8550 dan Tr S8050) malah panas berlebihan, dan bila aku ganti dengan Tr A1300 dan Tr C3279 jadi normal?).
jawab > karena Tr S8550 dan Tr S8050 memiliki hambatan lebih besar daripada Tr A1300 dan Tr C3279, Tr S8550 dan Tr S8050 di buat untuk bekerja dengan arus yg kecil sehingga jika di beri muatan arus besar dia akan overload lalu overheat trus jebol karena bahannya germanium, sedangkan Tr A1300 dan Tr C3279 memiliki hambatan lebih kecil dan mampu menampung arus besar, cara kerja Transistor tersebut saat anoda 1 di beri arus dia akan menghambat arus tersebut sehingga arus tdk bisa keluar melalui kaki katoda, arus baru bisa mengalir melalui katoda apabila kaki anoda 2 di beri arus ( PNP/+ - + & NPN/ - + - ), cara kerjanya sama dengan relay

whyu said...
on 

Bro, boleh minta no hape ato email? Saya perlu bantuan mau tanya untuk race tin saya T.T Baru dipasang relay..
Bisa belok klo lepas gas, pas ngegas bersamaan dgn belok gak bisa..

Anonymous said...
on 

mas punyaku kok bisanya cuma belok kanan doang ya?. tr nya udah tak ganti smua. bord nya jg ada res yg ukuranya 1 watt.itu terbakar sama tr c8550 n tr c8050nya. nyuwun solusinya mas.

Anonymous said...
on 

wah mas,,,, hebat saya ceritanya,,, saya sebagai pemula akan mencobany mas,,, succes buat anda, ditunggu info yg lain mas,,, hehehehee saya kedealer dulu mas ambil lancer evo dulu biar tak masukin kebengkel rc.....

Abadi Tarigan said...
on 

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
 

Copyright 2009 Purworejo Undercover by Mas Doyok